Deeper Thought: A Little Story for A Book Test Effect and Birth Date Divination

Benda apakah ini?


Ada yang tahu?

Ya, saya juga tahu itu buku. Tapi ada yang bisa mendefinisikan apa itu buku?

Kumpulan kata yang ditulis/diketik?
Rangkaian kata yang disusun hingga membentuk sebuah cerita atau instruksi?
Sumber pengetahuan?
Jendela dunia?
Alat untuk menyalurkan informasi?
Kumpulan database?
Wow wow wow. Banyak sekali definisinya ya.

Bagi saya, makna buku lebih lebih lebih dalam dari semua itu.
Buku adalah media yang paling nyata untuk membaca pikiran orang lain.
Hebatnya lagi, dengan buku, kita bisa membaca pikiran orang lain yang jaraknya berpuluh-puluh kilometer jauhnya dari tempat kita berada.
Kita bisa tahu buah pikiran seseorang yang belum kita temui sebelumnya. Kita bisa mengetahui masa lalu seseorang yang bahkan kita tidak kenal. Terkadang jika kita beruntung dan menemukan buku yang menjadi "jodoh" kita, kita akan larut dalam luapan emosional bersama "orang asing".

Kinda strange, isn't it?

Lalu mengapa kita membaca buku? Waktu kecil saya membaca buku cerita untuk "kabur". Keluar dari hari-hari yang "biasa" dan, untuk beberapa saat, memasuki dunia yang sama sekali berbeda. Ada raksasa, hantu, mahluk-mahluk seram, peri, dan keajaiban-keajaiban yang tak akan pernah ada di luar dunia buku. Dan ketika kita menikmati sebuah buku, pesan yang terkandung di dalamnya akan tetap membekas di dalam hati kita dan menjadi bagian dari hidup kita.

Sekarang cobalah mengambil satu buah buku. Satu buah buku yang bisa kamu jangkau dari posisi kamu berada sekarang. Ambil dan buka buku itu. Biasa saja, bukan?

Sekarang mari kita buat pengalaman ini jadi lebih istimewa. Tiap mahluk hidup memiliki banyak hal-hal khusus yang membuat dirinya menjadi istimewa. Badak memiliki cula, laut memiliki ombak, dan malam memiliki bintang-bintang. Manusia juga punya sesuatu yang istimewa, banyak sekali bahkan. Salah satunya adalah tanggal lahir.

Tanggal lahir sangatlah istimewa dan penting bagi setiap orang. Bayangkan, berapa banyak pertengkaran terjadi karena sesuatu yang kelihatannya sepele: lupa hari ulang tahun. 

Sekarang pikirkan tanggal lahirmu. Jumlahkan dengan bulan kelahiranmu (Januari satu, Februari dua, dan seterusnya).

Ini adalah angka konstelasimu.

Ingat-ingat angka ini, lalu buka buku yang kamu pegang. Buka halaman yang sesuai dengan angka ini.

Coba baca sekilas. Ada yang menarik?

Tidak? Tentu saja ada.

Lihat satu kata yang paling menarik.

Fokus ke huruf demi huruf.

Apakah kamu sekarang memikirkan kata ".................."?

Ya. Tentu saja.

Sekarang fokus ke bulan dimana kamu lahir.

Bayangkan tiap hurufnya. Kamu suka bernyanyi kan?

Nyanyikan tiap hurufnya dalam hati, namun cukup keras sehingga orang disekitar kamu dapat mendengarnya....dalam pikiran mereka.

Bagus.

Sekarang bayangkan ada sebuah kalender di depanmu. Bayangkan kamu membawa spidol dan menandai tanggal kelahiranmu di kalender itu dengan cara melingkarinya.

Apakah kamu lahir pada tanggal "...................."?

Bagaimana saya melakukannya? Well, semuanya telah tertulis. Yang perlu kita lakukan adalah mengambilnya dan mulai membaca.

0 comments:

Posting Komentar